Perjuangan Mencari Nafkah | Stasiun Bekasi di Malam Hari

Perjuangan Mencari Nafkah | Stasiun Bekasi di Malam Hari

Hilir mudik di stasiun Bekasi, banyak orang berseliweran keluar dari Kereta Api (Commuter Line) di malam hari. Malam semakin larut akan tetapi seolah-olah tidak ada tanda-tanda aktivitas di stasiun Bekasi berhenti, Inilah Perjuangan Mencari Nafkah | Stasiun Bekasi di Malam Hari.

Perjuangan Mencari Nafkah | Stasiun Bekasi di Malam Hari

Kota Bekasi yang berada di pinggiran kota Jakarta, merasakan dampak dengan sesak dan padatnya suasana di sana. Bisa di lihat kawasan di kota Bekasi ketika jam berangkat kerja dan pulang kerja sangat ramai. Dimana para pekerja yang mencari nafkahnya di sana banyak memilih untuk bertempat tinggal di pinggiran Kota Jakarta, seperti Kota Bekasi.

Secara administrasi Kota Bekasi masuk ke wilayah Jawa barat, akan tetapi suasana Kota Bekasi sendiri terasa lebih sebagai wilayah Jakarta. Ini bisa dilihat dari kehidupan sehari-hari yang lebih kepada suasana Jakarta. Apalagi penduduk bekasi  banyak menggunakan logat betawi, walaupun di beberapa wilayah terutama yang berbatasan dengan wilayah bogor dan karawang ada juga yang berbahasa sunda.

Perjuangan Mencari Nafkah | Stasiun Bekasi di Malam Hari

Perjuangan Mencari Nafkah | Stasiun Bekasi di Malam Hari

Sebagaimana kota besar lainnya, bisa dikatakan Kota Bekasi merupakan kota Metropolitan, dimana masyarakat yang mendiami wilayah Kota Bekasi sekarang bukan lagi menjadi milik dari dari satu suku, akan tetapi sudah menjadi milik semua orang karena dengan banyaknya orang yang datang dan bertempat tinggal di kota Bekasi.

Hampir setiap hari orang Bekasi harus berjuang di kemacetan dan panas yang menyengat di siang hari untuk berangkat ke tempat kerjanya, sebagian besar bekerja di wilayah jakarta. Berdesak-desakan dalam transportasi massal, dan yang menjadi primadona yakni commuter line.

Sebagaian ada yang memilih transportasi massal alinnya seperti Bus Kota, bahkan ada juga yang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil pribadi atau sepeda motor. Akan tetapi dengan melihat kondisi di jalanan saat ini dan aturan tentang penggunaan kendaraan pribadi (mobil), orang banyak yang memilih commuter line.

Perjuangan Mencari Nafkah | Stasiun Bekasi di Malam Hari

Rasa capek akan terbayar tuntas, karena semua yang dilakukan sebagai upaya dalam mencari nafkah untuk menghidupi diri dan keluarganya, tidak ada yang sia-sia. Apalagi kita ketahui, mencari nafkah merupakan suatu kewajiban bagi kita, dan sebagai bentuk Perjuangan Mencari Nafkah | Stasiun Bekasi di Malam Hari.

Baca juga artikel lainny dengan klik disini

Mencari nafkah memiliki kedudukan sangat tinggi di dalam Islam. Begitu besar ganjaran pahala yang akan diterima bagi mereka yang mencari nafkah untuk memenuhi kewajibannya dengan melaksakan cara-cara yang diridhoi-Nya.

Dalam Al-Quran ada sebuah ayat disebutkan, Allah akan menggandengkan orang yang berjuang dalam mencari nafkah dengan mereka yang berjihad dijalan-Nya. Allah berfirman,

 

عَلِمَ أَنْ سَيَكُونُ مِنْكُمْ مَرْضَىٰ ۙوَآخَرُونَ يَضْرِبُونَ فِي الْأَرْضِ يَبْتَغُونَ مِنْ فَضْلِ الَّهِ ۙوَآخَرُونَ يُقَاتِلُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ

 

“Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi yang berperang di jalan Allah.” (QS.al-Muzammil:20).

Diriwayatkan bahwa Rasulullah saw sedang duduk bersama para sahabatnya. Kemudian mereka melihat seorang pemuda yang sehat dan kuat pergi bekerja di pagi-pagi buta.

Kemudian salah seorang dari mereka berkomentar, “Alangkah celakanya ia, andai ia menggunakan masa muda dan kekuatannya di jalan Allah.”

Rasulullah saw menegurnya, “Jangan berkata demikian, sesungguhnya jika dia bekerja untuk dirinya demi mencukupi kebutuhannya agar tidak merepotkan orang lain, maka ia sedang berada di jalan Allah. Jika dia bekerja untuk kedua orang tuanya yang lemah atau keturunannya untuk mencukupi mereka maka ia berada di jalan Allah. Dan apabila ia bekerja untuk menyombongkan diri dan memperbanyak harta maka ia sedang berada di jalan setan.” Sumber : Al-Qashas At-Tarbawiyah.

Semoga kita bisa digolongkan sebagai orang-orang berjuang di jalan yang di ridhoi Allah, setiap tetes keringat yang keluar dari tubuh ini sebagai Perjuangan Mencari Nafkah | Stasiun Bekasi di Malam Hari, tentunya kan menjadi amal ibadah kita. Aamiin.

Author: willyst82

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *